9 Rekomendasi Laptop Asus Core i3 Terbaik 2019

Sobat meteran sekalian mungkin sering di hadapkan dengan kondisi dilematis: budget pas – pasan tapi berbagai keadaan (studi, pekerjaan, usaha) menuntut performance dan kecepatan yang lebih dari standar.

Tim meteran.net melakukan riset, perbandingan dan menyusun artikel ini dengan seksama, spesial untuk sobat meteran sekalian yang mempunyai problema di atas. 

Setelah membandingkan 9 Laptop Asus core i3 pada tahun 2019 ini secara selektif dan kritis, kami menyimpulkan bahwa laptop asus core i3 adalah perpaduan seimbang antara budget dan performance. 

Kami optimis! Setelah membaca konten berkualitas ini, anda akan menemukan laptop Asus core i3 terbaik untuk anda.

Sebagai catatan: kami akan menggunakan istilah kinerja dan performance dalam artikel ini secara bergantian, dimana kedua istilah tersebut mempunyai arti dan pengertian yang sama.

Bagaimana tim Meteran.net menyeleksi laptop asus core i3

Kami membandingkan 9 Laptop asus dengan processor core i3 yang kami anggap layak, dan semuanya kami masukkan kedalam list kami melalui pertimbangan beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Laptop Merk Asus

    Sesuai judul, kami hanya menyertakan merk laptop Asus dalam pengujian kali ini agar sinkron dengan judul artikel.

    Mengapa Asus?

    Asus terkenal sebagai merk yang sering memberikan value for money terbaik, maksud-nya begini, untuk satu harga yang sama (dibandingkan dengan merk lain-nya), pembeli cenderung akan mendapatkan barang dengan spesifikasi yang lebih canggih atau lebih baik.

    Laptop Asus juga mempunyai kelebihan di bidang after sales dibandingkan laptop merk lain-nya, Asus memberikan garansi global selama 2 tahun, sementara merk lain hanya memberikan garansi 1 tahun dan seringkali tidak global.

    Dari berbagai pengalaman kami maupun user yang nyata, Selama masalah terjadi bukan karena kesalahan dan kelalaian pengguna, Asus sering memberikan ganti komponen (spare part) baru secara gratis selama masa garansi, bukan sekedar service komponen. Hal ini perlu di bedakan, karena penggantian komponen baru tentu akan lebih awet jika dibandingkan dengan sekedar menservice komponen yang rusak.

  2. Processor Intel core i3

    Intel mempunyai banyak penamaan dan tipe processor, tapi yang paling terkenal tentu-nya adalah "core i series" or bahasa indonesia-nya processor seri core i.

    Core i series terdapat 4 varian, yaitu core i3, core i5, core i7, dan yang terbaru core i9. Setiap setahun sekali atau dua tahun sekali, intel selalu mengeluarkan versi baru yang lebih canggih untuk tiap varian di atas, kita sebut sebagai generasi, makin baru generasi-nya, makin cepat dan canggih suatu processor.

    Sampai saat ini, tiap varian processor intel seri core i, dari core i3, core i5, core i7 sampai core i9, semuanya sudah mencapai generasi ke 8.

    Pada artikel ini kami hanya membahasa laptop - laptop asus dengan processor intel core i3. Dan agar kata "terbaik" masih relevan dengan isi konten, kami hanya menyertakan laptop asus processor core i3 generasi 7 ke atas.

    Sobat meteran mungkin penasaran, gimana sie cara bedain generasi processor core i3 ? Tau dari mana processor core i3 yang satu masi generasi 5, sementara yang lain generasi 7 ?

    Jawaban-nya sering tertera pada penamaan spesifikasi laptop yang ingin kita beli.

    Misal: Processor intel Core i3 7020U

    Penulisan processor intel seri core i umumnya terdiri dari 3 komponen:

    • Varian Processor : untuk contoh di atas, core i3.
    • Generasi Processor : dari contoh di atas, tampak angka 7020, dan angka 7 kami sengaja memberikan bold, karena angka pertama ini mewakili generasi dari processor yang bersangkutan. Nah kalo angka pertama-nya itu 6 maka processor tersebut generasi ke enam, kalo angka pertama-nya itu 5, maka processor tersebut generasi ke lima. Begitu cara mengetahui dan membedakan generasi processor seri core i.
    • Suffix: perhatikan di belakang angka 7020 ada huruf U nya, nah huruf ini kita kenal sebagai suffix dan menggambarkan karakteristik dari processor tersebut. Suffix U merupakan singkatan dari ultra-low power: Processor sangat hemat daya, sehingga sangat hemat batrei, tapi agak mengorbankan performance.

    Dengan memahami konsep sederhana di atas, sobat jadi melek processor, mampu mendeteksi generasi processor (makin tinggi generasi makin bagus), kemampuan ini sangat berguna untuk menghindarkan sobat meteran dari penipuan dan informasi - informasi yang menyesatkan.

    Pengetahuan berikut-nya yang juga penting untuk di miliki adalah mengetahui kinerja dari processor yang bersangkutan.

    Untuk mengkur dan membandingkan sesuatu secara objektif, kita tentu membutuhkan tiga hal: Instrumen pengukuran, objek yang di ukur dan satuan.

    misal-nya saja, menggunakan instrumen pengukuran berupa meteran, kita mengukur tinggi 2 orang, si A dan si B, akhirnya didapatkan hasil si A tinggi-nya 1,7 meter, dan si B tinggi-nya 1,5 meter, jelas bahwa si A lebih tinggi dari si B dalam satuan meter. Hasil ini tentu tidak terbantahkan karena merupakan pengukuran yang objektif.

    # Ukuran performance/kinerja processor:
    Sama seperti pengukuran tinggi badan di atas, beda-nya untuk mengukur kinerja processor, instrumen pengukuran yang kami gunakan adalah passmark software yang sangat terpercaya untuk bidang ini, objek pengukuran adalah processor yang berbeda varian dan berbeda generasi, dan satuan-nya adalah nilai atau skor benchmark.

    Berikut adalah processor - processor dari laptop asus core i3 beserta skor benchmark yang kami sertakan dalam list kami :

    # Processor core i3 :
    Core i3 8145U | Total Benchmark : 5064
    Core i3 7020U | Total Benchmark : 3493
    Core i3 6006U | Total Benchmark : 3091

    # Processor core i5 sebagai perbandingan :
    Core i5 4200U | Total Benchmark : 3292
    Core i5 5200U | Total Benchmark : 3486

    Semakin tinggi skor benchmark suatu processor, makin baik pula kinerja-nya.

    Dari data di atas tampak Core i3 8145U mempunyai skor 5064, paling tinggi di banding Core i3 7020U (skor: 3493) dan Core i3 6006U (skor: 3091). Bisa di simpulkan bahwa Core i3 8145U mempunyai kinerja terbaik dalam list ini.

    Yang mengejutkan adalah core i5 4200U dan core i5 5200U mempunyai skor benchmark yang lebih rendah jika dibandingkan dengan core i3 7020U.

    Kembali lagi ke analogi pengukuran tinggi badan di atas, iklan maupun orang - orang yang merasa ahli dapat berbicara apapun, tapi fakta dan ukuran yang menjadi tolok ukur di sini tidak terbantahkan.

    Selamat!!! Anda baru saja melihat apa yang kami lihat. Bahwa belum tentu processor core i3 itu lebih jelek dari processor core i5 dalam sisi performance. Hal ini berlaku terutama jika membandingkan core i3 jaman now (generasi baru) dengan core i5 jaman old (generasi lama).

    Jelas bahwa kinerja atau performance suatu processor selain ditentukan oleh tipe processor, juga ditentukan oleh generasi processor tersebut dan suffix dari processor tersebut, serta skor benchmark-nya.

    Pewh....Bisa di lihat satu kode atau kalimat nama processor sederhana saja menyimpam begitu banyak makna, dengan mengerti kaidah membaca spesifikasi processor di atas, anda akan terjauhkan dari penipuan oleh pihak manapun, dan makin dekat dengan pilihan paling ideal untuk anda.

  3. Random Access Memory (RAM) minimal 4 Gb

    Ke coffee shop, order kopi hangat, buka laptop, buka aplikasi pemutar musik seperti spotify or dengerin langsung dari youtube, buka Microsoft Word, mulai ngetik - ngetik tugas, gak lama kemudian buntu mau nulis apa, terus mulai browsing di internet minta petunjuk mbah Google, tercerahkan, mulai lanjut ngetik2 lagi, 30 menit kemudian mulai bosan ngerjain tugas, buka deh facebook, nge chat sama teman, lihat2 timeline orang - orang, nyari gambar edit2 dulu terus buat postingan, balik lagi ngerjain tugas.

    Hal apa yang kita pelajari dari skenario sehari - hari yang sering kita alami di atas?

    Skenario tersebut mau menunjukkan bahwa hidup di jaman now, lifestyle-nya secara otomatis menuntut kita untuk melakukan multi tasking, dan multi tasking sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita.

    Apa kaitan-nya dengan RAM 4 GB?
    RAM 4 GB, menjamin kecepatan dan kemulusan penggunaan laptop selama menjalankan aplikasi dan multi tasking. Menjauhkan anda dari pengalaman buruk seperti proses loading lama, lag dan tersendat - sendat serta emosi jiwa.

    Di review ini kami hanya menyertakan laptop asus core i3 dengan RAM 4 GB atau lebih.

  4. Harddisk Analog Minimum 500 GB atau SSD Minimum 128 GB

    Harddisk adalah lokasi penyimpanan data anda dalam jangka panjang. Semakin besar harddisk, semakin banyak pula file, video, musik, dokument, dan aplikasi yang dapat anda tampung.

    Klasifikasi yang paling umum untuk harddisk laptop adalah : Harddisk Analog dan Harddisk SSD (Solid State Drive).

    Harddisk analog terdiri dari banyak kepingan - kepingan CD di dalam-nya, karena komponen-nya mekanis (banyak benda bergerak), tentu lebih rapuh, dan lebih lemot.

    Sementara SSD, merupakan media penyimpanan yang hanya berupa kartu, tidak ada komponen bergerak, sehingga kecepatan menerima dan memberikan data lebih tinggi dibandingkan Harddisk analog, lebih awet juga karena tidak terdapat komponen bergerak.

    SSD sangat meningkatkan kecepatan , oleh karena itu laptop asus core i3 yang bersenjatakan SSD sering mempunyai performance dan kecepatan yang lebih baik.

  5. Kartu Grafis atau Kartu VGA.

    Unit yang memproses grafis. Anda dapat melihat segala sesuatu di layar monitor mulai dari membaca di browser sampai menonton film, yah berkat unit ini .

    Semua processor intel core i3 sudah di bekali dengan unit pengelola grafis bawaan, namun kualitas-nya standar saja dengan kapasitas 1 GB atau kurang, cukup utk kepentingan pengelolahan grafis yang umum.

    Dalam list ini ada juga laptop yang sudah di tambahkan kartu grafis khusus, seperti varian Nvidia GeForce, Dengan kapasitas 2 GB. Kartu grafis tambahan jelas membuat pengelolahan grafis menjadi lebih baik dan mengurangi beban kerja processor. Tapi harga-nya pun ikut nambah.

    Selanjut-nya, kami akan menggunakan istilah kartu grafis atau kartu VGA, kedua istilah ini akan di pakai secara bergantian dengan maksud yang sama, bahwa satu unit laptop sudah mempunyai kartu grafis khusus atau tambahan.

Daftar 9 Laptop Asus Core i3 Terbaik 2019

#1 Laptop Asus Core i3 ASUS A407UA-BV391T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 6,1 Jt - 6,2 Jt
  • Processor : Intel core i3 7020U ( 2,3 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1279
  • Benchmark Total Score : 3493
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Intel® HD Graphics 620
  • Benchmark VGA G3D Mark : 929
  • Layar : 14 inch, di body 13,3 inch, bezel tipis
  • Harddisk : SSD, 256 GB
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Core i3 Generasi 7 dengan nilai bencmark yang mumpuni
  • Harddisk sudah SSD, sangat meningkatkan kecepatan loading dan multi tasking.
  • Desain sangat bagus, tipis, ringan dan elegan, mirip jiplakan-nya macbook
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis (nilainya 1 sampai 2 juta bila dibeli terpisah)
  • Terdapat sensor sidik jari
  • Tidak terdapat port VGA untuk di sambungkan ke LCD Projector (tapi terdapat port HDMI utk fungsi ini)
  • Tidak terdapat kartu grafis khusus
  • Tidak terdapat DVD room
  • Storage hanya 256 GB.

Ok pemberitahuan untuk sobat sekalian, artikel laptop urutan pertama ini agak panjang karena di jelaskan prinsip dasar untuk pembahasan 3 laptop berikut-nya. 

Kami menempatkan Laptop Asus core i3 ASUS A407UA-BV391T di posisi pertama, bukan-lah suatu kebetulan!. 

Ada beberapa faktor yang membuat laptop ini keluar menjadi juara:

#Faktor Pertama, Processor: 
Processor core i3-nya sudah generasi ke 7, dengan total score benchmark processor sebesar 3493 yang menang tipis jika dibandingkan dengan core i5 generasi jaman old. 
200 poin lebih banyak dari core i5 4200U (skor benchmark 3292) dan 7 poin lebih banyak dari core i5 5200U (skor benchmark 3286).

Pro tips: Daripada beli core i5 jaman old, mending beli core i3 jaman now.
Dan kalo mau beli laptop ber processor core i5, minimal pilihlah yang generasi 7. 

#Faktor Kedua, Harddisk:
Harddisk nya sudah SSD, membuat proses pentransferan data menjadi sangat efisien, efektif, cepat, yang ujung – ujungnya akan meningkatkan performance secara keseluruhan. 

#Faktor Ketiga, Desain:
dari sisi desain sudah sangat kekinian, selain ringan (1,5 Kg) dan tipis (ketebalan hanya 21,9 mm atau 2,2 Cm), kalo kita perhatikan, area layar yang nyaris tanpa bezel (bingkai monitor-nya tipis banget), dipadukan dengan area touchpad yang luas bila dibandingkan dengan laptop kebanyakan, serta area keyboard-nya yang elegan, jika semua ini di padukan, tampak mirip macbook, or setidak-nya user akan merasakan macbook experience dari sisi desain.

#Faktor keempat, Privacy: 
Laptop ini mempunyai sensor sidik jari, bila fitur ini di aktifkan, maka hanya akan bisa di buka oleh sentuhan jari pemilik ke alat sensor-nya. 

Hal ini cukup penting karena menjauhkan tangan – tangan jahil dari laptop anda, melindungi pekerjaan anda yang berharga, dimana anda telah menghabiskan waktu berjam – jam untuk mengerjakan-nya. 

Dan keuntungan lain-nya anda dapat menolak secara halus dan  logis untuk meminjamkan laptop ini ke orang lain, dengan menyatakan bahwa hanya jari anda yang bisa membuka laptop ini, tentu peminjam akan maklum bila diri-nya tidak bisa meminjam laptop tersebut.

Tahukah anda, bahwa laptop yang di pinjamkan cenderung akan lebih mudah rusak dibandingkan laptop yang tidak pernah dipinjamkan? (orang yang meminjam, sadar atau tidak, seringkali tidak memperlakukan barang anda sebaik anda memperlakukan-nya). 

Walaupun kedengaran agak egois, tapi ini merupakan suatu kenyataan. Diperlukan ketegasan untuk melindungi dan membuat laptop anda tetap awet. 

Tapi bila laptop ini di beli untuk di pakai bersama, misalnya untuk keperluan kantor yang user-nya banyak, anda mempunyai pilihan untuk tidak mengaktifkan fitur ini, atau mendaftarkan jari dari beberapa orang berbeda yang memang akan mengakses laptop ini. 

Sedikit kekurangan, yang perlu sobat sekalian ketahui : 

# Kekurangan 1:  Tidak terdapat port VGA untuk menyambungkan kabel LCD projector, 

Ok, mungkin ini BIG NO or Deal Breaker untuk banyak dari sobat sekalian, siapa sih yang nggak butuh laptop untuk keperluan presentasi dengan menyambungkan-nya ke LCD projector untuk jaman Now? 

Untung-nya ada solusi yang bagus untuk hal ini, laptop ini mempunyai port HDMI (port jaman now utk sharing multimedia, dari suara sampai grafik), tidak semua LCD Projector mempunyai sambungan HDMI, tetapi sobat sekalian bisa membeli connector HDMI – VGA, dengan konektor ini, anda dapat mengkonekan port HDMI ke LCD Proyektor dengan baik dan tanpa kendala. 

# Kekurangan 2: Kapasitas penyimpanan yang sedikit

Laptop ini karena menggunakan SSD, kapasitas penampungannya hanya 256 GB, Bagi sobat sekalian yang terbiasa menampung data video dan film dalam jumlah besar, tentu ruangan yang terbatas ini tidak cukup. 

Bisa di akalin sie, dengan cara membeli harddisk external, yah tapi itu arti-nya kamu mesti merogoh kocek 500 ribu sampai 1 juta lagi. 

# Kekurangan 3: Tidak terdapat kartu grafis khusus. 

Kekurangan berikut-nya, Kartu grafis masih berbagi rumah dan merupakan bagian dari processor core i3 7020U. Bahasa keren-nya kartu grafis yang ter integrasi dengan processor, dalam hal ini nama kartu grafis-nya adalah intel HD Graphics 620. 

Kenapa kekurangan? karena artinya proses pengolahan grafis, juga ikut di tangani oleh satu komponen (processor-nya), pertama ini merupakan beban utk processor-nya, ke dua, kinerja grafis dari kartu grafis terintegrasi ini jelas tidak sebagus kartu grafis khusus yang berdiri sendiri (seperti Nvidia Geforce, ATI Radeon, dll).  

# Kekurangan 4: Tidak terdapat optical drive untuk memutar DVD atau CD. 

Jaman now era internet ngebut dengan paket data kapasitas besar membuat workflow menjadi jauh berbeda di banding jaman old. 

Sekarang nonton video atau film sudah serba streaming, mau dengar lagu favorit, nggak perlu repot hunting MP3 lagi, tinggal install spotify atau youtube, udah bisa nikmatin jutaan lagu. 

Butuh driver printer or driver perangkat apapun, tinggal tulis nama perangkatnya di google, terus click link, download. 

Jujur saja makin kesini orang makin gak butuh DVD atau CD, sehingga perangkat dengan pemutar DVD terkesan mulai ketinggalan jaman. Apalagi pemutar hanya berfungsi utk membaca 1000 keping CD, otomatis dalam 1 or 2 tahun, extra perangkat ini menjadi beban karena tidak dpt digunakan. 

Jadi tergantung siapa pengguna-nya, tidak adanya DVD room malah bisa jadi suatu keuntungan karena perangkat menjadi lebih ringan. Atau suatu kekurangan bila memang yang bersangkutan butuh. 

Ok, siapa sih yang cocok untuk membeli laptop ini ? 

1. Untuk sobat meteran yang butuh laptop dengan kinerja medium or lumayan, tapi budget terbatas dan belum bisa membeli laptop asus core i5 atau laptop asus core i7. 

2. Untuk sobat sekalian yang pengen laptop yang cukup responsive(cepat), dan punya performance lebih dari standard.  

3. Untuk sobat meteran yang dituntut untuk memiliki mobilitas tinggi, karena desain-nya yang tipis dan ringan membuat mudah untuk di tenteng ke mana – mana. 

4. Serta untuk  sobat sekalian yang tidak bisa terlepas dari workflow yang menuntut-mu untuk multi-tasking. 

5. Karena tipis, ringan, ukuran display yang 13,3 inch (tidak terlalu besar tapi tidak terlalu kecil, nyaman untuk membaca tulisan konten dan menonton), membuat laptop ini sangat cocok di gunakan untuk sobat sekalian yang bergender wanita, baik milenial, maupun ibu – ibu serta tante – tante, dan oma – oma yang berjiwa muda. 

(sobat meteran yang bergender cowok juga boleh beli kok)

6. Dan terakhir, tentu saja untuk sobat meteran yang pengen merasakan macbook-like experience  dengah harga hanya 50% dari harga macbook air beneran. 

(minimal dengan laptop bertampang elegan ini, gak akan bikin malu waktu kamu nongkrong di Starbucks, sebalik-nya rada bangga karena kelihatan seperti ultrabook yg cukup prestisius dan kelihatan mahal).

Kata ibunda dari salah satu crew kami : kalo mau beli barang, beli lah yang kualitas baik, kelihatan mahal tapi harga-nya sebenarnya bersahabat. (Kualitas dapat, bangga dapat, kantong gak bolong.  Bijak banget yah!). 

Laptop Asus core i3 ASUS A407UA-BV391T ini sangat memenuhi semua kriteria “kata ibunda” di atas. 

Setelah melihat faktor – faktor perpaduan antara performance dan desain di atas, faktor budget, serta kelebihan dan kekurangan-nya, sobat meteran tentu setuju donk dengan tim meteran.net kalo laptop Asus core i3 A407UA-BV391T ini layak di sandingkan pada posisi pertama dari list laptop asus core i3 terbaik 2019 versi kami ini.

#2 Laptop Asus Core i3 A407UA-BV319T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 5,5 Jt - 5,7 Jt
  • Processor : Intel core i3 7020U ( 2,3 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1279
  • Benchmark Total Score : 3493
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Intel® HD Graphics 620
  • Benchmark VGA G3D Mark : 929
  • Layar : 14 inch, di body 13,3 inch, bezel tipis
  • Harddisk : Analog, Kapasitas 1 TB, 5400 RPM
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Harga paling murah untuk varian laptop Asus Vivobook A407 yang ber processor core i3
  • Core i3 Generasi 7 dengan nilai bencmark yang mumpuni
  • Desain sangat bagus, tipis, ringan dan elegan, mirip macbook.
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis
  • Terdapat sensor sidik jari
  • Tidak terdapat port VGA untuk di sambungkan ke LCD Projector (tapi terdapat port HDMI utk fungsi ini)
  • Tidak terdapat kartu grafis khusus
  • Tidak terdapat DVD room
  • Harddisk analog SATA, kecepatan hanya 5400 RPM.

Urutan ke 2 masih ditempati oleh laptop asus varian Vivobook A407, agar sobat sekalian tidak bingung, berikut gambaran singkat-nya: 

Varian laptop asus A407 ini di ciptakan dengan desain yang relatif sama: tipis, ringan, bezel tipis, touchpad luas, memiliki sensor sidik jari, tidak terdapat DVD drive, tidak terdapat Port VGA (untungnya masih ada Port HDMI untuk menyambungkan ke LCD projector) .

Yang membedakan antara satu dan yang lain hanya komponen RAM, Komponen VGA, Komponen Harddisk, dan Komponen Processor yang berkisar dari celeron, sampai dengan core i7, tapi tentu-nya kita hanya membahas yang core i3 di list ini. 

Sobat meteran yang cukup jeli, pasti melihat nama belakang laptop asus varian A407 urutan ke dua ini BV319T, Sementara, yang di list pertama adalah BV391T. Yah yang satu 319, yang satu-nya lagi 391, ke balik gitu. 

Ok, kalo hampir sama, lantas, Perbedaan-nya?   

1. Harddisk-nya masih standar, berupa harddisk analog, SATA, dengan kapasitas 1 TB dan kecepatan 5400 rotasi per menit. 

2. Berita baik-nya, harga laptop asus core i3 A407UA-BV319T ini lebih murah sekitar 500 ribu dibandingkan dengan saudaranya pada list pertama di atas.  

Siapakah yang cocok untuk membeli laptop ini? 

1. Mereka yang menginginkan performance dan kecepatan lebih dari sekedar celeron, perlu di ingat bahwa core i3 mempunyai benchmark 1500 sampai 2000 point jika dibandingkan dengan laptop – laptop bertenaga celeron. Anda bisa melihat perbandingan-nya di artikel laptop murah terbaik versi meteran.net  

2. Sobat sekalian yang ingin laptop core i3 generasi baru tapi budget terbatas di kisaran 5 jutaan. 

3. Sudah punya komputer PC di rumah dengan komputasi yang baik, tapi butuh laptop yang bisa di andalkan untuk mobile dan multi tasking on the go (sambil jalan). 

4. Sobat yang menginginkan laptop dengan kapasitas penampungan yang besar (ini harddisk-nya 1 TB loh, 4 kali lebih besar di bandingkan dengan laptop pertama di atas). 

5. Bagi bapak dan ibu yang ingin menghadiahkan laptop ke anak yang masi sekolah, laptop ini lebih dari cukup untuk memenuhi semua kegiatan anak SMP sampai SMA. 

6. Cukup untuk anak kuliahan jurusan Non-IT dan Non-Desain. Bila sobat jurusan kuliah-nya Ekonomi, Akuntansi, Sastra, Kesehatan, Keperawatan,  laptop ini cukup banget nemenin kamu kuliah 4 tahun sampai tamat. 

Laptop ini adalah Laptop Asus core i3 yang budget friendly, tapi masih sangat bisa di andalkan. 

#3 Laptop Asus Core i3 VivoBook A407UF-BV062T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 6,5 Jt - 6,7 Jt
  • Processor : Intel core i3 7020U (2,3 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1279
  • Benchmark Total Score : 3493
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Nvidia GeFrorce 130 MX, 2 GB
  • Benchmark VGA G3D Mark : 1929
  • Layar : 14 inch, di body 13,3 inch, bezel tipis
  • Harddisk : Analog, Kapasitas 1 TB, 5400 RPM
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Terdapat Kartu Grafis Khusus, GeForce 130MX, 2 GB.
  • Core i3 Generasi 7 dengan nilai bencmark yang mumpuni
  • Desain sangat bagus, tipis, ringan dan elegan.
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis
  • Terdapat sensor sidik jari
  • Tidak terdapat port VGA untuk di sambungkan ke LCD Projector (tapi terdapat port HDMI utk fungsi ini)
  • Tidak terdapat DVD room
  • Harddisk standar, analog SATA, kecepatan hanya 5400 RPM.
  • Harga lebih mahal

Jarang ada laptop asus core i3 (kelas menengah awal) yang mempunyai kartu grafis khusus, karena kartu grafis lebih sering di peruntukan untuk laptop seri core i5 (kelas menengah lanjut) dan core i7 (kelas atas). 

Laptop Asus A407UF-BV062T di persenjatai dengan Grafis Nvidia GeForce 130MX, 2 GB membuat laptop ini menjadi laptop core i3 yang cukup unik dan agak langka di kelas-nya. 

Dari sisi desain dan feature, Laptop Asus core i3 A407UF-BV062T ini masih relatif mirip dengan kedua saudara-nya di atas : Desain tipis, Ringan (tapi agak lebih berat karena terdapat kartu VGA), bezel tipis, touchpad luas, terdapat sensor sidik jari, tidak terdapat DVD drive, tidak terdapat port VGA (tapi terdapat port HDMI untuk menghubungkan ke LCD Projektor). 

Kelebihan dan Kekurangan, relatif mirip – mirip juga dengan dua laptop sebelumnya secara masih merupakan bagian dari laptop asus model A407, yang membedakan hanya Kartu Grafis 130MX, 2 GB, dan harga-nya yang tentu lebih mahal. 

Apa benefit yang kartu grafis khusus 130MX ini bawa ke laptop anda? 

1. Dari benchmark, nilai performance 130 MX 2 GB adalah 1929, 1000 point lebih tinggi dari Intel HD 620 (pengelola grafis bawaan-nya processor core i3 7020U) yang hanya mempunya benchmark senilai 929. 

2. Dengan kartu grafis khusus ini, laptop anda dapat mengelola grafis dengan lebih baik, artinya proses editing gambar dengan berbagai software image editor dapat menjadi lebih cepat, anda dapat memainkan game – game ringan sampai moderate dengan baik. 

3. Tentu processor anda akan berkurang beban kerja-nya. (tadinya melakukan 2 pekerjaan sekaligus, mengelola seluruh komputasi + mengelolah grafis, sekarang dengan adanya kartu grafis khusus, processor jadinya hanya mengelolah komputasi saja) 

4. Otomatis performance secara keseluruhan pun akan meningkat. 

Siapa yang cocok untuk membeli laptop asus core i3 vivobook A407UF-BV062T ini? 

1. Sobat sekalian yang cukup sering melakukan pengeditan grafis ringan ke sedang, namun budget belom mencukupi untuk membeli laptop core i5 dan core i7 yang mempunyai kartu grafis. 

2. Sobat sekalian yang ingin terjun ke bisnis online (blogging, jualan online, freelancing, dll), bisnis online cenderung menuntut anda untuk menghasilkan konten – kontent yang kreatif, sering anda mesti mengedit gambar juga untuk menghasilkan konten bagus dan berkualitas.

3. Untuk sobat – sobat yang ingin membuat website, berbekal laptop ini, sudah cukup untuk membuat website sekelas meteran.net tercinta ini. 

4. Sobat yang di tuntut untuk mobilitas tinggi, serta workflow multitasking, namung ingin sesekali bersantai sejenak bermain game tingkat ringan ke sedang. 

5. Sobat sekalian yang membutuhkan laptop untuk menunjang UKM (usaha kecil menengah), Toko atau Kantor anda. Karena laptop ini sudah mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi untuk usaha, selain itu juga cocok untuk membuat media iklan grafis untuk mempromosikan dan memajukan usaha anda. 

6. Laptop asus core i3 dengan kartu grafis ini juga cocok untuk mahasiswa jurusan seperti Ekonomi, Akuntansi, Kesehatan, Keperawatan, Kedokteran, jurusan ilmu komputer dan berbagai jurusan lainnya, terkecuali jurusan desain (kami menyarankan anda untuk berkonsultasi dengan pihak universitas terlebih dahulu untuk mengetahui spesifikasi minimum laptop sebelum membeli, atau sebaiknya anda menggunakan laptop dengan processor intel core i7 dengan kartu grafis atau minimal laptop asus core i5

#4 Laptop Asus Core i3 VivoBook A407UF-BV073T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 7 Jt - 7,2 Jt
  • Processor : Intel core i3 7020U (2,3 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1279
  • Benchmark Total Score : 3493
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Nvidia GeFrorce 130 MX, 2 GB
  • Benchmark VGA G3D Mark : 1929
  • Layar : 14 inch, di body 13,3 inch, bezel tipis
  • Harddisk : SSD, 256 GB
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Terdapat Kartu Grafis Khusus, GeForce 130MX, 2 GB.
  • Harddisk sudah SSD, meningkatkan kecepatan loading dan performance
  • Core i3 Generasi 7 dengan nilai bencmark yang mumpuni
  • Desain sangat bagus, tipis, ringan dan elegan.
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis
  • Terdapat sensor sidik jari
  • Tidak terdapat port VGA untuk di sambungkan ke LCD Projector (tapi terdapat port HDMI utk fungsi ini)
  • Tidak terdapat DVD room
  • Harga lebih mahal

Bila anda bertanya, apakah ada laptop asus core i3 yang dalam satu unit juga memiliki SSD sebagai harddisk dan Kartu grafis khusus?

Laptop asus core i3 vivobook A407UF-BV073T adalah jawaban-nya! 

Core i3 Generasi 7, dengan SSD 256 GB dan kartu grafis Nvidia GeForce 130 MX 2 GB. 
Dengan deretan jeroan di atas, bisa di bilang laptop ini adalah paket lengkap dan merupakan laptop dengan performance dan kecepatan loading terbaik dalam list laptop core i3 versi meteran.net 

Walaupun mendapat predikat “Terbaik” (karena alasan – alasan yang sudah jelas), tim Meteran.net tidak merekomendasikan anda untuk membeli laptop ini

Loh kenapa? 

Melihat harga laptop ini yang berada di kisaran 7 Jutaan, kami merasa sayang bila anda membeli laptop ini begitu saja karena dengan menambah 1 Jutaan rupiah anda bisa membawa pulang laptop asus core i5 generasi 8, jaman now yang sudah di lengkapi dengan Kartu grafis khusus (VGA) GeForce 130MX. 

Lantas kenapa tim Meteran tidak merekomendasikan untuk membeli tapi tetap meliput laptop ini di list rekomendasi laptop asus core i3 terbaik? 

Untuk membuka wawasan sobat sekalian bahwa core i3 dengan paduan SSD dan VGA itu ada, dan memang sesuai judul, dari sisi spesifikasi, laptop ini merupakan yang terbaik dari seri laptop asus core i3, malah salah bila tidak kami masukkan dalam list, karena ini memang salah satu yang terbaik. 

TAPI ada pengecualian!!
Bila anda menemukan laptop Asus core i3 A407UF-BV073T sedang promo atau sale, sehingga harga-nya berada di kisaran 6 jutaan, tentu saja layak sekali untuk di beli. 

#5 Laptop Asus Core i3 VivoBook X441UA-GA312T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 5,7 Jt - 5,9 Jt
  • Processor : Intel core i3 7020U ( 2,3 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1279
  • Benchmark Total Score : 3493
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Intel® HD Graphics 620
  • Benchmark VGA G3D Mark : 929
  • Layar : 14 inch, HD
  • Harddisk : Analog, Kapasitas 1 TB, 5400 RPM
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Harga nomor dua termurah di list ini
  • Terdapat DVD Room
  • Terdapat Port VGA dan port HDMI
  • Core i3 Generasi 7 dengan nilai bencmark yang mumpuni
  • Desain termasuk tipis dengan berat hanya 1,75 Kg.
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis
  • Tidak Terdapat sensor sidik jari
  • Tidak terdapat kartu grafis khusus
  • Harddisk analog SATA, kecepatan hanya 5400 RPM.

Berbeda dari 4 laptop Asus varian VivoBook A407 sebelumnya, Varian X441UA ini mempunyai kelebihan berupa tersedianya DVD Room (anda tidak perlu membeli DVD Room External lagi), Tersedianya Port VGA yang membuat anda mampu terkonek ke LCD proyektor pada umumnya, maupun port HDMI untuk di koneksikan ke peralatan multimedia jaman now. 

Kekurangan-nya, tidak terdapat lagi sensor sidik jari seperti 4 laptop sebelumnya. 

Dari sisi desain, laptop ini tentu lebih tebal dari saudara-nya yang varian A407, karena tambahan DVD Room dan port VGA. Namun secara keseluruhan cukup tipis, dengan ketebalan hanya 26,7 mm (2,7 cm). Bobot-nya pun hanya 1,75 Kg, cukup ringan. 

Dari segi dapur pacu: processor sudah intel core i3 7020U (generasi 7), belum terdapat kartu grafis khusus sehingga masih memanfaatkan bawaan dari processor, Intel HD Graphics 620. 
Harddisk masih analog dengan kapasitas penyimpanan 1 TB. 

Jeroan-nya (processor, harddisk, ram) relatif sama dengan laptop asus core i3 A407UA-BV319T pada posisi nomor 2 di atas, yang budget friendly, cuman harga X441UA-GA312T ini sedikit lebih mahal 300 sampai 400 ribu, yah karena ada tambahan DVD Room dan Port VGA tadi. 

Dengan demikian laptop ini menjadi nomor 2 termurah di list kami. 

Siapakah yang cocok untuk membeli laptop ini? 

1. Mahasiswa berbagai jurusan yang sering mempresentasikan tugas menggunakan projector (selain mahasiwa jurusan desain dan IT), catatan: untuk jurusan IT minimal laptop core i3 yang ber kartu grafis / VGA Khusus dengan ram 4 GB, sementara untuk mahasiswa jurusan desain baik grafis maupun interior. 

2. Cocok sebagai workstation portable untuk keperluan kerja kantoran maupun UKM, karena berbekal processor core i3, serta peripheral yang lengkap (pemutar DVD, VGA Port, HDMi Port, Port Lan RJ45). 

3. Mereka yang pekerjaan atau usaha-nya sering terlibat dengan proses burning CD dan DVD, dan butuh proses multi tasking. 

4. Cocok untuk mereka yang ingin bekerja ke daerah atau area di luar pulau jawa, atau ke tempat di mana koneksi internet masi terbilang susah, serta masih membutuhkan CD room untuk media pentransferan data, karena sudah all in, tidak perlu beli perangkat lain-nya lagi untuk mengerjakan tugas. 

#6 Laptop Asus Core i3 VivoBook X441UB-GA321T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 6,5 Jt - 6,7 Jt
  • Processor : Intel core i3 7020U ( 2,3 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1279
  • Benchmark Total Score : 3493
  • Ram : 4 GB
  • VGA : MX 110
  • Benchmark VGA G3D Mark : 1583
  • Layar : 14 inch, HD
  • Harddisk : Analog, Kapasitas 1 TB, 5400 RPM
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Suatu mobile workstation yang terbilang lengkap
  • Terdapat kartu grafis khusus
  • Terdapat DVD Room
  • Terdapat Port VGA dan port HDMI
  • Core i3 Generasi 7 dengan nilai bencmark yang mumpuni
  • Desain termasuk tipis dengan berat hanya 1,75 Kg.
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis
  • Tidak Terdapat sensor sidik jari
  • Kinerja kartu grafis agak kurang dibanding laptop nomor urut 3 dan 4
  • Harddisk analog SATA, kecepatan hanya 5400 RPM.

Masih bersama laptop asus VivoBook varian X441

Pada laptop asus core i3 urutan ke 6 ini semua komponen sama seperti laptop nomor 5 di atas, beda-nya adalah ditambahkan kartu VGA atau kartu grafis khusus, Nvidia GeForce 110 MX yang mempunyai nilai benchmark 1583, lebih sedikit 346 point dari laptop A407UF-BV062T pada urutan ke 3 yang menggunakan Nvidia GeForce 130 MX.

Secara sekilas, harga laptop ini pun lebih mahal 700.000 sampai 1 juta rupiah dari X441 tipe basic pada urutan nomor 5 di atas, tetapi kalo dibandingkan dengan laptop urutan ke 3 dengan varian A407 yang mempunyai penambahan kartu VGA juga, harga-nya relatif sama. 

Dengan penambahan kartu grafis, laptop ini menjadi workstation yang terbilang makin lengkap karena telah dilengkapi kemampuan pengolahan grafis yang baik dan telah memenuhi syarat untuk menjalankan berbagai aplikasi image editor dengan baik, terutama untuk keperluan bekerja kantoran, UKM, maupun untuk kepentingan edukasi seperti sekolah dan kuliah. 

Perlu kami ingatkan 

Bahwa varian X441 + VGA ini di berbagai marketplace masih ada yang menggunakan processor core i3 6006U yang merupakan generasi 6, atau satu generasi lebih old dari generasi 7.

Ada plus minus-nya, harga memang lebih murah untuk ukurang laptop ber VGA kisaran 6 juta sampai 6,2 juta, tetapi laptop ini mengorbankan kinerja processor, di mana total benchmark-nya hanya sekitar 3090, lebih kecil 400 point dibandingkan core i3 7020U yang kami list di sini yang total benchmark bernilai 3493. 

Kami tentu saja menyarankan versi X441 + VGA dengan processor generasi 7 seperti laptop nomor urut 6 ini, tetapi bila anda memang membutuhkan processor tetapi budget terbatas, masih boleh melirik yang core i3 6006U (walau tidak kami sarankan karena anda hemat hanya 500an ribu rupiah tapi mengorbankan kinerja utk selama-nya). 

Kami secara umum tidak menyarankan laptop asus core i3 generasi 6. Kami membahas ini agar sobat sekalian mempunyai wawasan agar melakukan cross check sebelum membeli biar terhindar dari salah pilih dan penyesalan. 

#7 Laptop Asus Core i3 VivoBook A507UA-BR312T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 5,5 Jt - 5,7 Jt
  • Processor : Intel core i3 7020U ( 2,3 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1279
  • Benchmark Total Score : 3493
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Intel® HD Graphics 620
  • Benchmark VGA G3D Mark : 929
  • Layar : 15,6 inch, HD, Bezel tipis
  • Harddisk : Analog, Kapasitas 1 TB, 5400 RPM
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Harga murah
  • Ukuran 15,6 inch
  • terdapat area numpad di keyboard
  • Core i3 Generasi 7 dengan nilai bencmark yang mumpuni
  • Desain sangat bagus, tipis, ringan dan elegan, mirip macbook.
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis
  • Terdapat sensor sidik jari
  • Tidak terdapat port VGA untuk di sambungkan ke LCD Projector (tapi terdapat port HDMI utk fungsi ini)
  • Tidak terdapat kartu grafis khusus
  • Tidak terdapat DVD room
  • Harddisk analog SATA, kecepatan hanya 5400 RPM.

Bagi sobat yang cukup jeli, mungkin perhatikan varian laptop ini adalah A507, hanya beda satu angka dengan 4 laptop pertama yang masuk ke kelas A407. 

Hal ini karena memang baik dari segi desain yang tipis, ringan dan komponen – komponen dari processor, ram sampai harddisk semuanya serupa. 

Laptop ini sangat mirip dengan laptop urutan nomor 2 di atas. 

Yang membedakan hanya ukuran-nya saja. 

Laptop asus core i3 A507UA-BR312T ini mempunya ukuran 15,6 inch. Sangat cocok bagi kamu sobat meteran yang membutuhkan kenyamanan dan space display yang lebih.

Selain layar-nya yang lebar, sobat juga akan mendapatkan extra numpad (deretan angka seperti di telepon) area di sebelah kanan keyboard, layaknya keyboard desktop sungguhan.  

Kekurangan-nya yah laptop ini belum ada kartu grafis khusus, dan harddisknya masih analog dengan kecepatan 5400 RPM saja. 

Kekurangan berikut-nya, sayang-nya layar yang lebar 15,6 inch ini hanya di dukung oleh layar dengan densitas pixel HD saja, bukan Full HD (FHD). Membuat pengalaman menatap layar menjadi kurang maksimal. 

Apakah laptop ini worthy untuk di beli? 

Ini kembali ke tipe dan selera pengguna-nya, bila memang anda membutuhkan layar dengan lebar yang extra, baik untuk membaca, menonton, atau sering melakukan multi tasking dengan 2 windows berbeda secara bersamaan dan menginginkan kenyamanan, tentu akan worthy untuk di beli. 

#8 Laptop Asus Core i3 VivoBook A507UF-BR312T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 6,7 Jt - 6,8 Jt
  • Processor : Intel core i3 7020U ( 2,3 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1279
  • Benchmark Total Score : 3493
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Intel® HD Graphics 620
  • Benchmark VGA G3D Mark : 929
  • Layar : 15,6 inch, HD, Bezel tipis
  • Harddisk : Analog, Kapasitas 1 TB, 5400 RPM
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Harga murah
  • Ukuran 15,6 inch
  • terdapat area numpad di keyboard
  • Core i3 Generasi 7 dengan nilai bencmark yang mumpuni
  • Desain sangat bagus, tipis, ringan dan elegan, mirip macbook.
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis
  • Terdapat sensor sidik jari
  • Tidak terdapat port VGA untuk di sambungkan ke LCD Projector (tapi terdapat port HDMI utk fungsi ini)
  • Tidak terdapat kartu grafis khusus
  • Tidak terdapat DVD room
  • Harddisk analog SATA, kecepatan hanya 5400 RPM.

Urutan 8 ini masih merupakan laptop asus core i3 dengan varian A507. 

Komponen dari processor sampai harddisk relatif sama, desain juga sama dengan layar 15,6 inch. 

Beda-nya apa dengan laptop sebelumnya pada posisi 7 yang juga varian A507? 

1. Penamaan: laptop yang sebelumnya A507UA, yang sekarang ini A507UF (yah beda huruf akhir saja dari A diganti F). Kami menyebutkan perbedaan penamaan supaya sobat tidak bingung sewaktu mau membeli, jadi-nya penjual dapat memberikan laptop yang tepat kepada anda dan anda dapat meng cross check apakah laptop yang di kasi penjual itu sesuai dengan yang di minta. 

Pro Tip : walaupun tampak sepeleh dan agak ribet, penamaan sebaiknya selalu anda perhatikan dengan seksama, karena kebiasaan ini akan menghindarkan anda dari salah beli dan penipuan. 

2. Laptop asus core i3 yang A507UF urutan ke 8 ini sudah dibekali kartu grafis VGA khusus, Nvidia GeForce 130 MX, 2 GB. 

3. Harga: Laptop ini lebih mahal kisaran 1 juta rupiah dibandingkan tipe yang sama tanpa kartu grafis khusus. 

Apakah worthy? 

Menurut tim meteran.net, bila anda ingin membeli laptop asus core i3, dengan layar yang extra lebar 15,6 inch, laptop ini sangat worthy karena sudah di dukung dengan kartu VGA 130MX, 2 GB. Membuat anda dapat menikmati dan mengedit grafis dengan lebih maksimal. 
(untuk apa membeli layar dengan lebar extra bila bukan untuk memanjakan mata dan pengalaman mengedit grafis? setujuh kan?) 

Yah tepat dugaan anda, menurut tim meteran.net laptop nomor 8 ini lebih worthy ketimbang laptop nomor 7, jika anda tidak keberatan untuk mengeluarkan tambahan 1 juta rupiah utk VGA-nya.

#9 Laptop Asus Core i3 Vivobook S13 varian S330FA-EY303T

Spesifikasi

  • Harga : IDR 9 Jutaan
  • Processor : Intel core i3 8145U ( 2,2 GHz, turbo boost up to 3,9 GHz)
  • Jumlah core (inti) : 2
  • Benchmark Single Score : 1981
  • Benchmark Total Score : 5064
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Intel® UHD Graphics 620
  • Benchmark VGA G3D Mark : 1043
  • Layar : 13,3 inch, FHD, Bezel tipis
  • Harddisk : SSD, 256 GB
  • Sistem Operasi : Windows 10

Pro and Cons

  • Core i3 Generasi 8 dengan nilai bencmark tertinggi di list ini
  • Desain sangat bagus, tipis, ringan dan elegan, mirip macbook.
  • Satu - satu-nya laptop dengan densitas pixel Full HD dalam list ini.
  • Harddisk sudah SSD, loading sangat cepat
  • Windows 10 Original sudah terpasang secara gratis
  • Terdapat sensor sidik jari
  • Backlit keyboard
  • Tidak terdapat port VGA untuk di sambungkan ke LCD Projector (tapi terdapat port HDMI utk fungsi ini)
  • Tidak terdapat kartu grafis khusus
  • Tidak terdapat DVD room
  • Paling mahal di list ini

Kalo anda kaget melihat harga-nya laptop ini pada kolom spesifikasi di atas, berarti tim meteran.net berhasil membuka dan memperluas wawasan anda tentang laptop asus core i3.  

Rasa kaget yang anda alami bukan tanpa alasan, bagaimana tidak, harga kisaran 9 jutaan adalah domain-nya laptop asus ber processor core i5 generasi ke 8 yang sudah di persenjatai komponen keren seperti SSD dan kartu VGA khusus. 

Muncul lah pertanyaan, apa yang mebuat harga-nya menjadi demikian mahal? di mana letak ke istimewaan-nya? 

#1 Varian Premium dari Asus 
Vivobook seri S memang termasuk ke dalam kelas ultrabook dari Asus, sehingga komponen – komponen yang dipakai relatif premium, alhasil harga-nya terdongkrak. 

#2 Processor core i3 generasi 8 
Komponen processor laptop asus core i3 yang satu ini adalah 8145U, satu – satu nya processor core i3 generasi ke 8 dalam list ini.

Skor benchmark total processor sudah mencapai 5064, ini bahkan 400 point lebih tinggi ketimbang processor core i5 7200U dengan nilai benchmark-nya yang senilai 4624. Apalagi jika di bandingkan dengan processor core i5 seri generasi 7 ke bawah. 

#3 Harddisk SSD 
Harddisk-nya sudah SSD, yang jika dipadukan dengan processor 8145U yang berkinerja tinggi, akan menghasilkan pengalaman loading serba cepat, good bye lemot. 

#4 Layar FHD 13,3 inch
Display layar-nya sudah mendukung Full HD dengan pixel 1920 x 1080. Membuat pengalaman berinteraksi dengan layar baik nonton, membaca, maen game terasa smooth dan nyaman di mata. 
( satu – satu nya laptop dengan laya FHD dalam list ini ). 

#5 Desain
Screen to body ratio-nta 89%, bezel super tipis hanya 4.8 mm. Ini lebih bezelless ketimbang semua laptop sebelumnya yang telah di bahas. 

Ok, bukan sekedar tipis dan ringan biasa, ini tipis-nya 17.9 mm atau 1.8 cm saja dan ringan-nya itu 1.2 Kg, jelas laptop ini sangat powerful tapi mempunyai dimensi teringan dan tertipis dalam list kami. 

Kekurangan?

1. Harga terlalu mahal untuk laptop ukuran core i3, sekalipun untuk generasi 8. 
2. Masih belum ada kartu grafis khusus (untuk harga semahal ini loh) 
3. Ram hanya 4 GB. Benar processor-nya good, dengan SSD Pula, membuat laptop ini melejit kencang, sayang-nya dengan ram hanya 4 GB, potensial maksimal laptop ini jadi-nya tidak tercapai. 

Apakah laptop ini worthy untuk di beli?

Kembali ke topik di bagian awal – awal paragraph pembuka, artikel ini di buat untuk menjawab satu problem, bagiamana mencari laptop yang relatif seimbang antara budget dan performance?. 

Sayang-nya S13 berada di luar titik keseimbangan itu, karena harga-nya yang demikian mahal. 

Sebagian besar orang mencari laptop ber processor core i3 tentu untuk menyesuaikan dengan budget yang relatif terbatas.

Jadi untuk kebanyakan orang, laptop ini not worthy untuk di beli.

Dan menurut tim meteran.net, akan lebih bijak bila anda membeli laptop core i5 genersai 8 dengan Ram 8 GB ketimban laptop ini. 

Tapi bila sobat adalah eksekutif muda yang membutuhkan laptop sekunder yang cukup handal untuk keperluan mobilisasi tinggi dan multi tasking tapi tidak mengorbankan kenyamanan, dan mau merogoh kocek lebih, sah – sah saja untuk membeli laptop ini. 

Pada akhir-nya semua kembali lagi ke kebutuhan pengguna-nya dan ketersediaan budget. 

Sesuai judul, laptop urutan ke 9 ini juga menjadi penutup list dan pembahasan kami untuk review 9 rekomendasi laptop core i3 terbaik pada tahun 2019 versi meteran.net. 

 

Kesimpulan

Ok ringkasan singkat! Bila setelah membaca seluruh review ini dan masih no idea or bingung mau milih laptop asus bertenaga core i3 yang mana, jawaban terbaik tentu saja laptop pada nomor urut satu, yakni ASUS A407UA-BV391T. (Sudah di bekali SSD membuat proses loading cepat, dengan harga-nya yang masih terjangkau, kami menaruh-nya di posisi nomor urut 1 tentu karena suatu alasan).

Kalau anda sedang dalam kondisi budget terbatas, dan mencari laptop asus core i3 generasi 7 berkisar 5 jutaan. Kami merekomendasikan nomor urut 2: laptop Asus A407UA-BV319T. 

Bila anda menginginkan portable workstation ber fitur lengkap baik utk pekerjaan yang membuat anda sering bepergian ke luar daerah, atau untuk mensupport usaha kecil menengah(UKM) anda, atau untuk keperluan kantor, yang sudah di persenjatai dengan kartu VGA, pemutar DVD, Port VGA, dan Port LAN. Pilihan terbaik adalah laptop asus core i3 nomor urut 6, yakni Asus X441UB-GA321T. 

Bila layar dengan lebar extra adalah kebutuhan penting untuk anda yang grafis oriented, maka laptop urutan 8, Asus VivoBook A507UF-BR312T yang berbekal 15,6 inch display dan VGA Khusus, akan menjawab kebutuhan tersebut dengan baik. 

Ada 2 laptop yang kami list dalam artikel ini lebih untuk membuka wawasan anda tapi tidak kami sarankan untuk anda beli.

Tetap kami list, karena sesuai judul artikel, kata “Laptop asus core i3 Terbaik” benar – benar pantas di sandang oleh ke dua laptop ini, tapi dari sisi value for money untuk konsumen, tidaklah ideal, karena itu tidak kami sarankan, akan lebih ideal bila dana-nya di persiapkan untuk membeli laptop asus core i5

Not recommended yang pertama: laptop nomor urut 4, Asus VivoBook A407UF-BV073T, fitur premium lengkap, core i3 generasi baru, VGA ada, SSD ada, tapi dengan harga-nya yang 7 jutaan, terlalu tanggung untuk di beli. Karena kurang 1 jt lagi anda dapat membeli laptop core i5 dengan fitur bagus juga. 

Not recommended yang kedua: laptop nomor urut 9, Asus VivoBook S13 S330FA-EY303T. Premium banget komponen – komponen-nya sayang-nya Ram hanya 4 GB, tidak dapat mengeluarkan potensi maksimal laptop ini. Harga-nya yang kisaran 9 jutaan juga terlampau tinggi walau disematkan berbagai kelebihan. Lebih bijak bila anda mengeluarkan dana tersebut untuk membeli laptop core i5 generasi 8 dengan fitur premium. 

Akhir kata, semoga keseluruhan artikel ini dapat menjawab pertanyaan besar di awal : bagaimana menolong para sobat meteran.net untuk menemukan laptop core i3 terbaik yang merupakan laptop seimbang antara budget dan performance. 

Scroll to Top