7 Rekomendasi Laptop Asus Core i5 Terbaik 2018​

Asus, merk yang identik dengan spesifikasi maksimal dengan harga minimal. Tidak heran Asus menjadi favorit banyak pengguna laptop (tidak terkecuali tim meteran.net), berikut adalah 7 rekomendasi laptop asus core i5 terbaik.

Bagaimana tim Meteran.net menyeleksi laptop asus core i5

Kami mengumpulkan 15 laptop Asus yang memiliki processor core i5, kemudian kami melakukan penyaringan dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Laptop Merk Asus

    Sudah jelas, sesuai judul, kami hanya menyertakan merk laptop Asus dalam pengujian kali ini agar sinkron dengan judul artikel.

    Apa beda-nya laptop merk asus ketimbang laptop merk lain-lain? Mungkin yang paling mencolok adalah gratis garansi 2 tahun global, ini arti-nya di mana-pun anda membeli laptop Asus, anda dapat mengkalim garansi-nya di mana saja.

    Contoh kasus, beli di Indonesia, terus lanjut sekolah ke Australia, ternyata waktu sekolah disana, laptop ngadat, masi masa garansi, di klaim, free perbaikan.Yah Asus sangat memanjakan pelanggan dengan after-sales yang lebih ketimbang perusahaan laptop lain yang rata – rata hanya memberikan garansi satu tahun (dan seringkali bukan global).

    Agar makin memahami merk laptop Asus, mari kita mengenali varian-varian-nya, mulai dari seri vivobook yang ditargetkan untuk pengguna laptop sehari – hari, di ikuti dengan vivobook flip yang dapat di lipat 360 derajat, menawarkan pengalaman memiliki laptop dan tablet sekaligus bahasa keren-nya 2 in 1.

    Untuk kelas ultrabook premium, Asus mempunyai jagoan berupa Vivobook seri S, dan serial Zenbook.

    Untuk kelas gaming, asus mempunyai 2 varian, yang pertama adalah ROG (Republic of Gaming) dan yang ke-dua adalah TUF (The Ultimate Force), tapi yang akan kami bahas pada artikel laptop asus core i5 terbaik ini, hanya varian TUF, karena varian ROG jaman now rata-rata sudah dipersenjatai processor core i7 (tidak cocok lagi dengan judul artikel ini). 

  2. Processor Intel core i5

    tidak semua core i5 itu tercipta sama, terdapat keluaran lama dan keluaran baru, sesuai nomor seri-nya. Misalnya salah satu yang terbaru ini seri intel core i5 8250U. semakin tinggi angka depan, semakin update pula processor yang bersangkutan.

    Tiap processor dari laptop asus core i5 di daftar kami ini mempunyai minimal 2 core atau inti, dan maksimal 4 core atau inti. (catatan: core dan inti, ini pengertian-nya sama, jadi dalam tulisan kami, kalo kami menulis salah satu antara core atau inti, maksud-nya sama).

    Masih bingung sama core/inti? bayangin gini aja, anggap aja processor itu kayak perahu, dan core adalah jumlah orang yang mengayuh perahu tersebut, jumlah orang-nya makin banyak tentu makin cepat donk laju perahu-nya.   

    Semua processor kami ambil nilai benchmark-nya dari cpubenchmark.net, semakin tinggi nilai benchmark suatu processor, makin bagus pula kinerja-nya.
    Akan di jabarkan juga nilai benchmark satuan per core (sering kami sebut skor single core) dan nilai benchmark total dari processor tersebut.

    Kami hanya menyertakan processor seri minimal 6200U pada rekomendasi 7 laptop asus core i5 terbaik ini, agar kata “terbaik” masi tetap sinkron dengan judul kami, dan bukan-nya menyesatkan para pembaca (seperti hal-nya beberapa review abal-abal di luar sana yang mereview laptop asus core i5 yang ketinggalan zaman dengan benchmark rendah).

    Nilai skor benchmark agar anda dapat makin paham :
    1. Intel Core i5 8250U, jumlah core 4, total skor benchmark 7674
    2. Intel Core i5 7200U, jumlah core 2, total skor benchmark 4624
    3. Intel Core i5 6200U, jumlah core 2, total skor benchmark 4016
    4. Intel Core i5 5200U, jumlah core 2, total skor benchmark 3489
    5. Intel Core i3 7100U, jumlah core 2, total skor benchmark 3799

    Kalo anda perhatikan, kok nilai benchmark-nya core i3 7100U, lebih tinggi 300 point ketimbang intel core i5 5200U? apa nggak salah nih? jawaban-nya tidak, dan tentu-nya kinerja-nya yang i3 seri lebih baru ini tidak kalah dari core i5 jaman old. 

    ngapain beli laptop ber processor core i5 jaman old yang kemampuan-nya di bawah core i3 jaman now? kayak beli barang yang kurang canggih tapi harga-nya sama atau lebih mahal (buang duit yang ada). 

    Kami sekarang yakin, bahwa anda sekarang melihat apa yang kami lihat, dan mengerti kenapa batasan kami dalam review ini adalah laptop asus core i5  minimal seri 6200U. 

    Pengetahuan benchmark dan pengenalan nomor seri processor ini berguna, pertama, untuk menghindari penipuan dari pihak penjual (misal laptop ber processor lawas di katakan terbaru). Kedua, anda tentu-nya jadi lebih pasti mana processor  yang lebih sesuai untuk kebutuhan anda. 

  3. Ram Minimal 4 GB

    Ram adalah memori sementara, di mana data disimpan antara harddisk dan processor, semakin besar kapasitas suatu ram, semakin banyak aplikasi yang dapat anda buka bersamaan, semakin banyak tab browser yang anda dapat buka secara bersamaan tanpa lag. Oleh karena itu ram yang cukup, identik dengan kenyamanan dalam berkomputer.Untuk laptop core i5, Ram ideal adalah 8 GB, tapi kami tetap menyertakan 4 GB karena memang 4 GB adalah batas minimal yang kami meteran.net toleransi.

  4. Harddisk analog minimal 500 GB, atau SSD minimal 128 GB

    Harddisk merupakan tempat penyimpanan data dalam suatu laptop, semakin besar, semakin banyak foto, lagu, file dan video yang bisa anda simpan.

    Harddisk analog adalah hardisk yang masi menggunakan piringan atau cakram CD di dalam-nya, biasa-nya anda akan melihat 500GB 5400 rpm atau 500 GB 7200 RPM dalam tabel spesifikasi satu laptop, GB adalah jumlah data yang dapat disimpan sementara RPM adalah “rotation per minute” kecepatan putaran kepingan cakram dalam 1 menit.

    Harddisk SSD adalah Solid State Drive, di mana tidak ada lagi kepingan cakram di dalam-nya, membuat laptop lebih sunyi sekaligus lebih cepat kinerja-nya. Peningkatan kinerja sangat significant, sayang-nya rata2 kapasitas yang tersedia jauh lebih sedikit di banding analog.Harddisk merupakan komponen yang cukup penting, kami hanya menyertakan minimal 500 GB untuk analog atau minimal 128 GB untuk SSD dalam review ini.

  5. VGA

    VGA adalah unit yang yang memproses data grafis dalam suatu laptop, umum-nya processor intel sudah memiliki kemampuan untuk mengelola grafis secara mandiri, bila anda melihat “Intel HD” di variabel “VGA” dari suatu tabel spesifikasi, maka laptop tersebut tidak memilik kartu grafis khusus tetapi memanfaatkan VGA bawaan dari processor intel.

    Bila terdapat VGA khusus, misalnya dari Nvidia, ini merupakan suatu nilai plus, karena unit tersebut lebih mumpuni kinerja-nya di bandingkan sekedar VGA bawaan dari intel.Kami tidak memberi batasan secara khusus mengenai VGA, karena laptop dengan intel core i5 tentu sudah memiliki kemampuan grafis yang cukup.

  6. Harga Laptop AsusKisaran harga laptop asus core i5 sangat bervariasi. Sekilas tentu rentangan yang lumayan tinggi, namun dengan harga yang lebih, tentu ada juga ke-unikan atau nilai plus yang menyertai harga tersebut.

Bila sobat sekalian bingung dengan 6 point di atas atau bingung mesti mulai dari mana untuk memahami cara membaca spesifikasi dan menemukan laptop ideal, boleh-lah mampir terlebih dahulu ke artikel kami cara memilih laptop ideal agar pilihan anda makin tepat. 

Setelah menyeleksi 15 Laptop asus core i5, kami mendapatkan terdapat 7 unit yang lolos proses seleksi kami, dan kami anggap layak dan aman di beli oleh para sobat pembaca sekalian.

Daftar 7 Laptop Asus Core i5 Terbaik 2018

#1 Laptop Asus Core i5 VivoBook A442UR

laptop asus core i5 vivobook a442ur depan
laptop asus core i5 vivobook a442ur samping

SPESIFIKASI

  • Harga : IDR 8,2 Jt - 8,4 Jt
  • Processor : Intel Core i5 8250U
  • Jumlah Core : 4
  • Benchmark Skor single : 1935
  • Benchmark Skor total : 7674
  • Ram : 4 GB
  • VGA :Nvidia Geforce 930MX, 2 GB
  • Layar : 14", HD (1366 x 768)
  • Harddisk: 1 TB Sata, 5400 RPM
  • Windows : Windows 10 Original

Pro And Cons

  • Processor intel core i5 Terbaru.
  • Batrei Fast Charging, dan daya tahan 3x batrei lithium sejenis.
  • Vga 930 MX 2 GB, Nilai plus!
  • Desain Ringan dan tipis, modern
  • Dapat Gratis Windows 10 Original
  • DVD Room

Laptop Asus VivoBook A442UR memiliki 2 varian, pertama yang menggunakan processor intel core i5, dan yang ke dua menggunakan intel core i7. Sesuai judul, pada artikel ini kami hanya membahas varian yang menggunakan intel core i5. 

Vivobook 442UR Terdapat 4 pilihan warna, mulai dari abu – abu (seperti gambar di atas), kemudian merah, putih dan gold. Dengan warna yang demikian bervariasi jelas bahwa target market-nya menyasar kaum remaja, atau dewasa usia produktif. 

Dari segi dapur pacu, dapat di katakan, OK Banget! Processor sudah menggunakan intel core i5 8250U, yang merupakan keluaran terkini. Dengan total 4 Core (inti), processor ini mempunyai benchmark sebesar 7674 yang bahkan mengalahkan beberapa score beberapa varian processor intel core i7 (jaman old). Sementara tiap core (inti) mempunyai skor benchmark 1935, skor yang terbilang tinggi untuk single core (inti).

Keren-nya laptop ini makin bertambah dengan kartu grafis Nvidia Geforce 930 MX, ber kapasitas 2 GB dengan DDR5. Benchmark G3D Mark kartu grafis ini 1182. Dalam bahasa manusia (newbie), laptop ini sudah mampu menjalankan berbagai aplikasi grafis seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, dan lain sebagainya dengan baik. Serta dapat memainkan rata-rata game-game action dan rpg dengan kualitas ringan sampai moderate. 

Dari sisi desain, tipis dan ringan pasti-nya, tetapi tidak mengorankan slot DVD room.
Fitur lain yang menarik adalah kemampuan fast charging, hanya di butuhkan 49 Menit untuk men-charge 60% batrei. 

Harga laptop asus yang berkisar 8 jutaan ini dikombinasi dengan spesifikasi mumpuni di atas dan di tambah bundling free windows 10 original, membuat A442UR menduduki posisi pertama dalam daftar 7 laptop asus core i5 terbaik versi meteran.net. 

#2 Laptop Asus Core i5 A411UF-BV170T

laptop asus core i5 a411uf-bv170t depan
laptop asus core i5 a411uf-bv170t belakang

SPESIFIKASI

  • Harga : IDR 8,3 Jt - 8,5 Jt
  • Processor : Intel Core i5 8250U
  • Jumlah Core : 4
  • Benchmark Skor single : 1935
  • Benchmark Skor total : 7674
  • Ram : 4 GB
  • VGA :Nvidia Geforce MX 130, 2 GB
  • Layar : 14", HD (1366 x 768)
  • Harddisk : 1 TB Sata, 5400 RPM
  • Windows : Windows 10 Original

Pro And Cons

  • Processor intel core i5 Terbaru.
  • Batrei Fast Charging, dan daya tahan 3x batrei lithium sejenis.
  • Vga MX 130, 2 GB Nilai plus!
  • Desain Ringan, bobot 1,5 Kg dan tipis, ketebalan 20.4 mm, modern
  • Bezzle sangat tipis, hanya 7,88 mm
  • Dapat Gratis Windows 10 Original
  • tidak ada DVD Room

Laptop Asus Vivobook A411UF sebenar-nya mempunyai 3 varian, spesifikasi relatif sama, semua mengusung processor core i5 8250 dan Vga MX130 2 GB, beda-nya antara varian terletak pada kapsitas ram dan tambahan harddisk SSD, varian 411UF tertinggi memeiliki tambahan SSD 256 GB dan 8 GB ram, varian berikut-nya tambahan SSD128 GB dan 8 GB Ram, sementara varian terendah tidak terdapat ekstra SSD dan ram-nya hanya 4 GB. (Tentu dengan makin tinggi-nya varian, makin mahal pula harga-nya). 

Tim meteran menjelaskan hal di atas, agar sobat pembaca sekalian tidak bingung dengan Asus A411UF, karena banyak-nya varian dengan awalan nama yang sama tapi harga dan spek berbeda-beda, hal seperti ini cenderung membuat calon pembeli bingung, terutama para newbie (mereka yang baru pertama kali mau beli laptop atau kurang pakar soal teknologi). 

Seperti teman-teman lihat pada urutan ke-dua ini, kami membahas tentang A411UF-BV170T, yang merupakan varian terendah dari tiga varian di atas, tapi memiliki harga yang ter-murah, harga laptop asus ini berkisar 8,3 sampai 8,5 juta rupiah. 

Dari segi spesifikasi, sudah tersemat processor intel core i5 8250U yang terbaru, dan Vga yang digunakan adalah Nvidia Geforce MX130, 2GB. Benchmark G3D Mark dari Vga MX130 ini sudah mencapai nilai 1879, sekitar 700 point lebih tinggi dari Geforce 930 MX dari laptop urutan pertama di atas. 

Dengan kartu grafis yang baik ini di kombinasi dengan processor core i5 yang mumpuni, laptop ini dapat di gunakan untuk mengedit grafik dengan photoshop, illustrator, dan beragam program photo editing lain-nya, bahkan sudah dapat melakukan peng-editan video dengan cukup baik. Bermain game action dan rpg kelas menengah (dengan setting grafis ringan ke menengah) sudah dapat dijalani dengan lancar. 

Dari segi desain, bezzle sangat tipis, nyaris bezzle-less, jadi display tampak lebih luas.  laptop ini sangat tipis, hanya 20.4 mm, dan bobot-nya juga sangat ringan, hanya 1,35 Kg. Dengan desain yang demikianringkas, tentu-nya ada yang dikorbankan, tidak terdapat lagi slot DVD room pada laptop ini. 

Ketika Asus mengatakan bahwa varian vivobook A411UF adalah kombinasi sempurna antara keindahan dan performa, ini benar ada-nya.  

Windows 10 original juga sudah di bundling dengan laptop ini, sehingga value for money makin terasa. 

#3 Laptop Asus Core i5 TP410UA-E501T

SPESIFIKASI

  • Harga : IDR 9,1 Jt - 9,5 Jt
  • Processor : Intel Core i5 7200U (2,5 GHz - 3,1 GHz)
  • Jumlah Core : 2
  • Benchmark Skor single : 1728
  • Benchmark Skor total : 4624
  • Ram : 4 GB
  • VGA : Intel HD Graphic 620
  • Layar : 14", FHD (1920x1080)
  • Harddisk : 1 TB Sata, 5400 RPM
  • Windows : Windows 10 Original

Pro And Cons

  • Layar Sentuh, sangat responsif
  • Ketajaman layar sudah Full HD (1920x1080)
  • Desain Ringan, bobot 1,6 Kg dan tipis, ketebalan 19.2 mm, modern
  • Dapat di lipat 360 Derajat
  • Bezzle sangat tipis, hanya 8 mm
  • Dapat Gratis Windows 10 Original
  • tidak ada DVD Room
  • Tidak terdapat VGA khusus, hanya bawaan intel
  • Core i5 7200U, bukan processor terbaru, kalah skor benchmark.

Mungkin yang pertama menarik perhatian anda pada laptop ini adalah masalah harga, Kok masi pake processor core i5 7200U tapi harga laptop asus ini relatif lebih mahal ketimbang yang sudah core i5 8250U? kami akan jelaskan mengapa bisa demikian. 

Laptop Asus TP410UA-E501T, merupakan varian vivobook flip 14 inch, sesuai nama-nya “flip”, laptop ini dapat di putar 360 derajat, sehingga dapat di posisikan se fleksibel mungkin, di posisikan seperti TV portabel untuk menonton,bisa, di posisikan layak-nya tablet, bisa juga. 

Display 14 inci, dengan resolusi Full HD (1920×1080) membuat pengalaman menikmati grafis seperti menonton video, membaca dan browsing menjadi lebih tajam dan menyenangkan. Ditambah lagi dengan fitur layar sentuh, membuat laptop ini berasa tablet tapi kinerja-nya komputer. 

Tiga fitur di atas : touch screen, layar full HD, dan dapat di lipat 360 derajat ),  yang membuat harga laptop ini lebih mahal.

Pertanyaan-nya, pantaskah membayar harga lebih untuk 3 fitur ekstra di atas, tetapi berkorban dikit processor-nya dan berkorban agak banyak di VGA-nya? 

Jawaban-nya, relatif, tergantung yang menggunakan, bila fleksibilatas lebih, mobilitas, kemampuan touch screen, dan kenyamanan untuk mata adalah hal utama, tentu saja worthed banget untuk membeli laptop ini. (salah satu tim kami suka banget dengan laptop ini). 

Tapi kalo kemampuan mengedit dan memproses grafis serta bermain game lebih penting untuk anda, tentu-nya lebih baik yang memiliki grafis khusus serta processor yang lebih baru. 

#4 Laptop Asus Core i5 A405UQ-BV307T

Asus A405UQ-BV307T

SPESIFIKASI

  • Harga : IDR 9 Juta
  • Processor : Intel Core i5 7200U (2,5 GHz - 3,1 GHz)
  • Jumlah Core : 2
  • Benchmark Skor single : 1728
  • Benchmark Skor total : 4624
  • Ram : 8 GB
  • VGA : NVIDIA GeForce 940MX
  • Layar : 14", HD (1366x768)
  • Harddisk : 1 TB Sata, 5400 RPM, Extra 128 GB SSD
  • Windows : Windows 10 Original

Pro And Cons

  • Kapasitas Ram 8 GB
  • Extra 128 GB SSD, Kinerja Ekstra
  • Terdapat VGA Khusus, Geforce 940MX
  • Desain Ringan, bobot 1,45 Kg dan tipis, ketebalan 18.8 mm, modern
  • Bezzle sangat tipis, hanya 7,8 mm
  • Dapat Gratis Windows 10 Original
  • tidak ada DVD Room
  • Core i5 7200U, bukan processor terbaru, kalah skor benchmark.

Ketika melihat spesifikasi laptop Asus A405UQ-BV307T ini, anda mungkin menebak bahwa laptop ini bukan keluaran terbaru, karena masi menggunakan processor intel core i5 seri 7200U, selamat! Tebakan anda benar. 

Tapi, ada 4 pertimbangan berikut yang membuat kami berpikir bahwa laptop ini pantas untuk masuk ke daftar elit ini: 

  1. Sudah terdapat ekstra 128 GB SSD, yang membuat kinerja dan kecepatan booting meningkat drastis.

  2.  Kapasitas ram sudah 8 GB, yang arti-nya kemampuan multi tasking lebih dan kecepatan yang lebih. Nilai ini 2 kali lipat lebih besar dibandingkan laptop asus urutan 1 sampai 3 di atas. 

  3. Sudah terdapat VGA khusus, Nvidia GeForce 940MX, Kapasitas 2 GB, dengan skor benchmark G3D mark sebesar 1323, posisi tengah-tengah di antara MX130 dan 930MX. 

  4. Nilai plus dari segi ekonomi, untuk semua penambahan 3 fitur premium di atas, harga laptop asus ini di bandrol 9 juta rupiah. Hanya terpaut 500 – 600 ribu lebih mahal di bandingkan dengan laptop A442UR dan A411UF. Perlu di ingat SSD 128 GB saja harga-nya sudah berkisar 500 – 600 ribu, belum lagi extra ram 4 GB-nya. Kalo di hitung-hitung, membeli laptop ini sama dengan berhemat. 

Dari sisi desain, laptop ini sudah masuk kategori jaman now, sangat tipis dengan ketebalan hanya 18.8 mm dan bobot ringan tidak sampai 1,45 kg. Sangat cocok untuk memenuhi tuntutan jaman yang membutuhkan mobilitas tinggi. 

Di mata tim editor meteran.net,  laptop Asus core i5 A405UQ-BV307T ini telah mengkompensasi kelemahan-nya di bidang processor dengan menonjolkan banyak kelebihan di sisi lain-nya dengan sangat baik, membuat kinerja-nya tetap optimal yang siap menjawab kebutuhan komputasi jaman now dengan baik, serta value for money-nya dapat di bilang tinggi. 

#5 Laptop Asus Core i5 TUF Gaming FX504GD

SPESIFIKASI

  • Harga : IDR 12,2 Jt - 12,5 Jt
  • Processor : Intel Core i5 8300H (2,5 GHz - 3,1 GHz)
  • Jumlah Core : 4
  • Benchmark Skor single : 2327
  • Benchmark Skor total : 9365
  • Ram : 8 GB
  • VGA : GTX1050 4GB GDDR5
  • Layar : 15,6", FHD (1920x1080)
  • Harddisk : 1 TB SSHD, 5400 RPM
  • Windows : Windows 10 Original

Pro And Cons

  • Core i5 8300H, processor tercanggih dalam list kami
  • Layar besar 15,6 Inci di kombinasi Ketajaman layar Full HD (1920x1080)
  • Desain Ringan bobot 2,3 Kg dan tipis, ketebalan 25 mm
  • Dapat Gratis Windows 10 Original
  • Tidak Ada DVD Room
  • Harga salah satu termahal dalam list kami

Berani menulis kata “terbaik” di judul, tentu tim meteran harus memenuhi ekspektasi pembaca dengan minimal menampilkan salah satu laptop core i5 besutan Asus yang paling gahar. TUF Gaming FX504GD. 

Bagi yang penasaran sama kata “TUF”, ini merupakan singkatn dari “The Ultimate Force”, namanya gamer banget! Varian TUF ini bisa dikatakan ROG(Republic of Gaming) versi murah dari Asus. 

Dengan bandrol 12 jutaan rupiah yang cukup mahal, apa saja ekspektasi sobat sekalian? 

Dari segi spesifikasi, processor-nya menggunakan intel core i5 seri 8300H, yang mempunyai total skor benchmark tergolong tinggi sebesar 9365. Bila pembaca jeli memperhatikan, huruf paling belakang adalah H, bukan U kayak sebelum – sebelumnya, beda-nya apa?  U adalah singkattan dari ultra low power, dan H adalah singkatan dari High performance graphics (grafik ber kinerja tinggi), bisa di baca lebih lanjut langsung dari refrensi intel.

Dari nama-nya saja sobat meteran sekalian bisa logikain, kalo memang core i5 8300H ini memang di buat untuk memenuhi kebutuhan gaming dan grafis. 

VGA GTX1050 4GB GDDR5 mempunyai skor benchmark 4596, dengan VGA ini anda dapat menjalankan hampir semua game jaman now dengan lancar. Editing video dan gambar? lewat! 

Kombinasi antara processor core i5 canggih dan kartu grafis yahud, membuat kinerja laptop TUF Gaming FX504GD ini sangat optimal (kinerja terbaik dalam daftar laptop asus core i5 terbaik 2018 versi meteran.net). 

Harddisk 1 TB SSHD, 5400 RPM, juga pantas di bahas, karena di klaim mempunyai kemampuan chace (kemampuan menyimpan data sementara layak-nya ram), dan di klaim memimiliki kecepatan 140% (2x lipat lebih cepat) dibandingkan harddisk sata 5400 RPM standart. 

Dari segi desain, tergolong ringan untuk laptop gaming, hanya sekitar 2,3 Kg dan lebih menarik-nya lagi, laptop ini tergolong tipis untuk laptop gaming, hanya sekitar 25 mm ( atau 2,5 cm), gak heran Asus menggunakan tag-line “powerful performance.portable perfection” untuk memasarkan laptop ini, yang arti-nya (kinerja luar biasa, portablilitas yang sempurna).

sudah terdapat full keyboard lengkap dengan num-pad di area kanan (tombol angka-angka seperti pada keyboard-nya komputer) dan sudah terdapat fitur backlit (bisa menyala), fitur yang umum untuk laptop premium, sayang-nya pilihan warna hanya warna merah, terpaut jauh jika dibandingkan serial ROG yang warna-nya bisa suka – suka kita. 

Bila anda mencari laptop asus core i5 dengan kinerja paling tinggi untuk bermain game, edit grafis seperti video dan gambar, atau laptop untuk berbisnis online secara serius, tidak perlu lihat yang lain-lain, ini pilihan terbaik. 

Pernah dengar perpaduan optimal antara otak dan otot? menurut kami laptop Asus core i5 FX504GD ini adalah salah satu contoh-nya. 

 

#6 Laptop Asus Core i5 VivoBook S 14-S410UN

SPESIFIKASI

  • Harga : IDR 11 Jt - 11,5 Jt
  • Processor : Intel Core i5 8250U
  • Jumlah Core : 4
  • Benchmark Skor single : 1935
  • Benchmark Skor total : 7674
  • Ram : 8 GB
  • VGA :Nvidia Geforce MX 130, 4 GB
  • Layar : 14", FHD (1366 x 768)
  • Harddisk : 128 GB SSD + 1 TB Sata, 5400 RPM
  • Windows : Windows 10 Original

Pro And Cons

  • Processor intel core i5 Terbaru.
  • Extra 128 GB SSD Drive, performa makin kencang!
  • Vga MX 130, 4 GB Nilai plus!
  • Desain Ringan, bobot 1,3 Kg dan tipis, ketebalan 18.8 mm, modern
  • Keyboard sudah di lengkapi backlit (lampu keyboard), lihat gambar.
  • Layar Full HD (1920x1080)
  • Sensor Sidik Jari
  • Dapat Gratis Windows 10 Original
  • Harga-nya

Sewaktu me-review laptop vivobook seri S ini, ada satu ke-unikan yang tim meteran rasakan, body laptop hanya 13-an inci, tapi kok layar-nya berasa 14 inci? setelah di lakukan pengukuran manual dengan meteran dan riset lebih lanjut, ternyata benar!! kalo layar 14 inci disematkan di dalam bodi 13 inci. 

Kok bisa?? ini karena bezel di area sekitar layar yang demikian tipis, dapat tergolong bezel-less, dengan screen to body ration mencapai 77%.

Desain-nya elegan, bobot-nya enteng , hanya 1,3 Kg dan tipis 18.8 mm (atau 1,8 cm), membuat laptop ini sangat nyaman untuk di jadikan teman dalam perjalanan yang menuntut mobilitas tinggi, dan prestige-nya juga dapet banget pasti-nya waktu ngerjain tugas di coffee shop atau tempat umum. 

Layar Full HD beresolusi 1920 x 1080, membuat semua pengalaman yang berkaitan dengan menatap layar menjadi ekstra menyenangkan dan ekstra jelas. 

Keyboard-nya sudah terdapat fitur backlit (salah satu fitur-nya laptop premium), jadi mengetik di tempat gelap juga tetap akan lancar jaya. Sensor sidik jari juga sudah tersemat, membuat laptop ini berasa lebih private dan relatif aman dari jangkauan tangan – tangan usil-nya orang sekitar.

Dari segi spesifikasi, laptop ini sudah dibekali processor intel core i5 8250U , generasi terbaru dengan skor benchmark yang tinggi. VGA-nya MX130 dengan kapasitas 4 GB (2x lipat dari vga-nya seri vivobook pada laptop urutan nomor dua). 

Pernah dengar perpaduan optimal antara pintar, cantik dan misterius (ingat sensor sidik jari)? laptop Asus core i5 vivobook S 14-S410UN ini adalah salah satu contoh yang sangat mewakili semboyan itu. 

#7 Laptop Asus Core i5 ZenBook UX331UAL

SPESIFIKASI

  • Harga : IDR 12,9 Jt - 13,3 Jt
  • Processor : Intel Core i5 8250U
  • Jumlah Core : 4
  • Benchmark Skor single : 1935
  • Benchmark Skor total : 7674
  • Ram : 8 GB
  • VGA : Intel UHD Graphics 620
  • Layar : 13,3", FHD (1366 x 768)
  • Harddisk : 256 SSD
  • Windows : Windows 10 Original

Pro And Cons

  • Processor intel core i5 Terbaru.
  • Harddisk Full SSD
  • Desain Ringan, bobot 0,98 Kg dan sangat tipis, ketebalan 13.9 mm
  • Keyboard sudah di lengkapi backlit (lampu keyboard)
  • Layar Full HD (1920x1080)
  • Sensor Sidik Jari
  • Dapat Gratis Windows 10 Original
  • Tidak terdapat VGA khusus
  • Harga-nya

Ok, kami tau pertanyaan pertama yang pop-up di pikiran anda ketika melihat data tentang  laptop ZenBook UX331UAL ini sekilas. Harga-nya kok bisa di bilang paling mahal di postingan ini, bahkan lebih mahal dari laptop Asus TUF Gaming FX504GD di atas, apa hebat-nya sie? 

Kami ingin memberi penjelasan-nya (mudah2an dapat diterima): 

  1. Alasan pertama, Harddisk-nya sudah Full SSD, dibandingkan dengan laptop lain-nya yang masih hybrid. dengan full SSD (tidak ada komponen harddisk analog), kinerja dan kecepatan suatu laptop dapat meningkat antara 1,5 sampai 2 kali lipat. 

  2. Salah satu laptop tertipis di dunia dengan ketebalan 1,3 cm dan bobot di bawah 1 kg, hanya 985 gram.  Dengan screen to body ratio 80% (nyaris gak ada bezel). 

  3. Telah melewati standar militer MIL-STD 810G yang sangat menuntut keandalan dan daya tahan. untuk dapat sertifikasi tersebut gak gampang bagian dari tes ini adalah pengoperasian di lingkungan yang keras – termasuk ketinggian ekstrim, suhu dan kelembaban – bersama dengan getaran dan tes kejut yang dirancang untuk meniru penanganan sehari-hari yang kasar. Bisa di bilang kecil – kecil cabe rawit.

  4. Walau tidak punya VGA khusus, tetap menggunakan processor intel core i5 generasi terbaru yang sudah dibundling dengan unit pemroresan grafis intel UHD 620 yang memiliki skor benchmark 1005. Nilai yang cukup untuk melakukan proses pengeditan grafis dan bermain game moderate dengan baik. 

  5. MacBook experience, yah, user-experience atau pengalaman berselancar dengan laptop ini sangat menyenangkan dan prestis-nya juga tidak kalah dengan macbook. 

setelah membaca review singkat di atas, anda mungkin mempunyai pertanyaan pintar seperti berikut ini “Apakah Full SSD apakah dapat menutupi kurang-nya kinerja laptop ini dari sisi kartu grafis?”

Jawaban-nya, untuk kinerja laptop secara keseluruhan, iyah, full SSD jelas membuat kinerjanya tidak kalah, bahkan lebih baik dari laptop sejenis tanpa SSD.

Tapi kalo untuk spesifik ke editing, benchmark yah tidak berbohong, kalah 800 point menceritakan kalo kinerja grafis-nya tidak se maksimal TUF Gaming pada urutan 5 di atas. 

Lantas siapa yang cocok untuk memiliki laptop ini : 
1. yang punya budget lebih.  
2. mengutamakan desain, style, prestise tapi tidak mau mengorbankan kinerja atau performa. 
3. tidak terlalu berat ke pengeditan grafis.
4. mencari laptop yang sederajat dengan macbook air atau new macbook, tapi harga lebih murah. 

Zenbook  UX331UAL jelas merupakan salah satu laptop asus core i5 terbaik yang sejauh ini pernah diciptakan, dan sangat pantas berada di list ini. 

Kesimpulan

Laptop Asus memang sangat di cari oleh konsumen, karena 2 hal, after-sales-nya yang professional dan memuaskan, dan value for money (harga minimal, kinerja maksimal) yang relatif lebih baik ketimbang merk lain-nya. 

Bila anda mencari laptop asus core i5 sekedar untuk kebutuhan sehari – hari, tetapi kadang – kadang ingin bermain game sedang dan mengedit gambar atau video, maka VivoBook A442UR sangat tepat bagi anda. 

Bila anda adalah seseorang dengan mobilitas yang sangat tinggi, suka berinteraksi secara langsung, dan ingin laptop yang mempunyai fungsi touch screen, dapat berfungsi layak-nya tablet, maka laptop asus core i5 TP410UA-E501T adalah pilihan ideal. 

Jika anda menginginkan laptop gaming atau editing mumpuni, yang mempunyai kinerja grafis optimal, dan siap menjawab setiap kebutuhan anda kapan-pun dan dimana-pun, laptop TUF Gaming FX504GD adalah pilihan terbaik, dan perlu di ingat, core i5 lapop ini bukan core i5 sembarangan, tetapi kelas 8300H  (H singkatan dari high performance graphic), kinerja-nya jelas mumpuni. 

Bila anda ingin menggunakan laptop Windows tapi berasa MacBook, dengan user experience yang sangat nyaman tetapi tidak mengorbankan performa, menurut kami VivoBook S 14-S410UN adalah pilihan tepat, tapi bila memiliki kocek lebih, boleh-lah untuk mengecek ZenBook UX331UAL

Akhir kata, semoga setelah membaca review dan panduan ini, anda dapat menemukan dan membeli laptop asus core i5 yang paling ideal untuk anda. 

Bila anda masi memiliki kebimbangan untuk memilih laptop, atau masih belum terlalu paham dengan cara membaca spesifikasi, boleh-lah mampir terlebih dahulu ke artikel cara memilih laptop ideal versi meteran.net.